Tugas 1 PPL A

 Nama : Christian Kevin Emor

NRP : 5025211153
Kelas : PPL A

Prinsip Desain Software

Perangkat lunak umumnya merupakan usaha untuk menyelesaikan permasalahan pada dunia nyata menggunakan komputer. Pengembangan perangkat lunak (software development) melalui serangkaian tahapan dimana masing-masing tahapan menghasilkan artifak atau luaran tertentu. Dimulai dari pemahaman masalah (requirement elicitation), analisis, desain, implementasi, dan diakhiri dengan pengujian. Selanjutnya, perangkat lunak ditempatkan (deploy) pada pelanggan dan dilakukan pemiliharaan terhadapnya.


- Deskripsi Aplikasi :

Siswa Sekolah Dasar ( SD ) khususnya kelas 1 dan kelas 2 adalah tingkat awal dalam sekolah formal di Indonesia. Perubahan dari sekolah informal ke sekolah formal menjadikan anak – anak masih kesulitan dalam memahami proses belajar yang baik. Dengan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pendidikan dapat dijadikan alternatif dan inovasi yang dapat digunakan untuk proses belajar menjadi lebih menyenangkan. Perancangan media pembelajaran untuk siswa Sekolah Dasar (SD) diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan dalam belajar. Media pembelajaran ini dapat digunakan untuk anak sekolah dasar dalam memahami mata pelajaran dan mengasah kemampuan akademis dengan mengerjakan soal soal latihan untuk menambah pengetahuan. Tujuan penelitian yaitu membuat media pembelajaran yang interaktif untuk anak sekolah dasar menggunakan teknologi android. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rekayasa Perangkat Lunak Air Terjun (Waterfall) yang terdiri dari lima tahapan yaitu Requirements (analisis kebutuhan), Design (perancangan dan pemodelan), Implementation (penerapan), Verification (pengujian), dan Maintenance (pemeliharaan). Namun dibatasi sampai tahap implementasi. Hasil penelitian menggunakan metodologi Waterfall yang dikerjakan secara bertahap dan berurutan sehinga menghasilkan perancangan media pembelajaran sekolah dasar berbasis android, untuk membantu proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan dapat meningkatkan pengetahuan serta mengasah kemampuan dalam memahami pelajaran

- Desain Interface:

Desain antamuka merupakan desain yang digunakan untuk menjelaskan rancangan aplikasi android terdiri dari halaman awal, halaman beranda, halaman materi kelas 1, halaman materi kelas 2, halaman latihan kelas 1, halaman latihan kelas 2


- Desain Data

Pembuatan program yang digunakan yaitu menggunakan aplikasi appy pie yang open source. Aplikasi appy pie merupakan program pembuatan aplikasi online yang gratis dan dapat digunakan dalam membuat aplikasi. Appy Pie adalah sebuah program yang memungkinkan orang membuat aplikasi. Program ini tersedia juga pada platform iOS, Android, Windows Phone, dan API OS.

- Desain Algoritma

Berikut flowchart yang terdapat di perancangan media pembelajaran sekolah dasar, yang dimulai dengan menu utama, beranda, materi kelas 1, materi kelas 2, kuis kelas 1, dan kuis kelas 2, jika aplikasi tidak jadi dijalankan akan kembali ke menu awal atau keluar dan aplikasi akan digunakan masuk ke play, jika aplikasi sudah selesai digunakan bisa langsung keluar


Komentar

Postingan populer dari blog ini