Tugas 1 PPL A
Nama : Christian Kevin Emor
Prinsip Desain Software
Perangkat lunak umumnya merupakan usaha untuk menyelesaikan permasalahan pada dunia nyata menggunakan komputer. Pengembangan perangkat lunak (software development) melalui serangkaian tahapan dimana masing-masing tahapan menghasilkan artifak atau luaran tertentu. Dimulai dari pemahaman masalah (requirement elicitation), analisis, desain, implementasi, dan diakhiri dengan pengujian. Selanjutnya, perangkat lunak ditempatkan (deploy) pada pelanggan dan dilakukan pemiliharaan terhadapnya.
Refrensi Jurnal : PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK AIR TERJUN ( WATERFALL )
- Deskripsi Aplikasi :
Siswa Sekolah Dasar ( SD ) khususnya kelas 1 dan kelas 2 adalah tingkat awal dalam sekolah formal
di Indonesia. Perubahan dari sekolah informal ke sekolah formal menjadikan anak – anak masih
kesulitan dalam memahami proses belajar yang baik. Dengan memanfaatkan teknologi untuk
meningkatkan pendidikan dapat dijadikan alternatif dan inovasi yang dapat digunakan untuk proses
belajar menjadi lebih menyenangkan. Perancangan media pembelajaran untuk siswa Sekolah Dasar
(SD) diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan dalam belajar. Media pembelajaran ini
dapat digunakan untuk anak sekolah dasar dalam memahami mata pelajaran dan mengasah
kemampuan akademis dengan mengerjakan soal soal latihan untuk menambah pengetahuan. Tujuan
penelitian yaitu membuat media pembelajaran yang interaktif untuk anak sekolah dasar menggunakan
teknologi android. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rekayasa Perangkat Lunak
Air Terjun (Waterfall) yang terdiri dari lima tahapan yaitu Requirements (analisis kebutuhan), Design
(perancangan dan pemodelan), Implementation (penerapan), Verification (pengujian), dan
Maintenance (pemeliharaan). Namun dibatasi sampai tahap implementasi. Hasil penelitian
menggunakan metodologi Waterfall yang dikerjakan secara bertahap dan berurutan sehinga
menghasilkan perancangan media pembelajaran sekolah dasar berbasis android, untuk membantu
proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan dapat meningkatkan pengetahuan serta mengasah
kemampuan dalam memahami pelajaran
- Desain Interface:
Desain antamuka merupakan desain yang
digunakan untuk menjelaskan rancangan
aplikasi android terdiri dari halaman awal,
halaman beranda, halaman materi kelas 1,
halaman materi kelas 2, halaman latihan
kelas 1, halaman latihan kelas 2
- Desain Data
Pembuatan program yang digunakan yaitu
menggunakan aplikasi appy pie yang open
source. Aplikasi appy pie merupakan
program pembuatan aplikasi online yang
gratis dan dapat digunakan dalam
membuat aplikasi. Appy Pie adalah sebuah
program yang memungkinkan orang
membuat aplikasi. Program ini tersedia
juga pada platform iOS, Android, Windows
Phone, dan API OS.
- Desain Algoritma
Berikut flowchart yang terdapat di perancangan media pembelajaran sekolah dasar, yang dimulai dengan menu utama, beranda, materi kelas 1, materi kelas 2, kuis kelas 1, dan kuis kelas 2, jika aplikasi tidak jadi dijalankan akan kembali ke menu awal atau keluar dan aplikasi akan digunakan masuk ke play, jika aplikasi sudah selesai digunakan bisa langsung keluar
Komentar
Posting Komentar